Infeksi jamur adalah suatu bakteri yang menyerang dan melekat membentuk bercak atau noda dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman bagi seorang yang terkena infeksi jamur.

Sebagian orang pernah mengalami infeksi jamur pada tubuhnya. Infeksi jamur dapat menginfeksi semua orang tanpa memandang usia, pria ataupun wanita.

Mencegah Infeksi Jamur

Infeksi jamur kulit yang ringan umumnya menimbulkan ruam pada kulit. Ruam tersebut tidak berbahaya. Tetapi, dapat terasa gatal dan menganggu penampilan.

Jamur merupakan organisme primitif yang hidup di sekitar lingkungan kita seperti, udara, air, bahkan pada tanah. Beberapa jenis jamur dapat hidup di dalam tubuh hewan dan manusia. Sebagian besar jamur berkembang di udara, maka dari itu sering manusia terinfeksi jamur pada kulit dan kuku.

Orang-orang yang sering beraktifitas dan berkeringat akan mudah mengalami infeksi jamur kulit, apabila tidak memperhatikan kebersihan diri ketika selesai beraktifitas. Penderita diabetes juga mudah mengalami infeksi jamur kulit. Selain itu, infeksi jamur kulit juga sering dijumpai pada bayi dan balita yang menggunakan popok.

Jamur dapat berkembang biak di mana saja dan dapat kapan saja tergantung apakah orang tersebut suka dalam hal kebersihan atau tidak.

Cara Mencegah Infeksi Jamur

  1. Hindari kontak langsung dengan penderita infeksi jamur.
  2. Menjaga suhu ruangan agar tidak lembab dan basah.
  3. Rajin mencuci tangan dan kaki dengan sabun.
  4. Segera keringkan kulit apabila basah ataupun ketika berkeringat.
  5. Ganti pakaian dalam dan kaos kaki setiap hari.
  6. Menghindari memakai pakaian yang basah.
  7. Menghindari merendam baju semalaman.
  8. Selalu mengeringkan area yang telah terkena air.
  9. Menjaga kebersihan badan dengan mandi minimal 2 kali dalam sehari.
  10. Rajin menjemur sepatu, agar sepatu tidak lembab.
  11. Memakai alas kaki ketika berada pada kamar mandi.
  12. Memakan makanan yang bergizi dengan lebih baik hingga 4 sehat 5 sempurna.
  13. Rajin berjemur untuk mendapatkan sinar matahari.
  14. Selalu memakai body lotion ketika setelah mandi dan ketika dibutuhkan.

Penyebab infeksi jamur

Berbagai jenis jamur dapat menginfeksi manusia kapan saja, jika tidak menjaga kebersihan dalam diri dan menyukai hal kotor. Jamur yang sering menginfeksi manusia adalah jamur yang berasal dari golongan dermatofita, seperti Trycophyton, Microsporum, dan Epidermophyton.

  1. Tinggal dalam keadaan suhu dan suasana yang lembab dan basah.
  2. Orang yang memakai pakaian ketat dan menggunakan bahan kain yang tidak menyerap keringat, lalu berkeringat berlebihan.
  3. Orang yang memiliki riwayat keturunan dalam genetika yang memiliki infeksi jamur pada tubuhnya
  4. Orang yang berada dalam air kotor yang berlama-lama, seperti orang yang sedang tanam padi di sawah.
  5. Orang yang memiliki metabolisme kesehatan yang rendah.

Cara Mengobati Infeksi Jamur

Dikhususkan untuk jamur yang berada di kepala dengan cara mengkonsumsi obat anti jamur. Obat ini dikonsumsi sehari sekali selama 2 minggu dengan resep dokter.

Untuk infeksi jamur pada kulit. Jika infeksi sangat luas dapan diobati dengan cara mengkonsumai obat anti jamur seperti pada infeksi jamur kepala. Jika infeksi tidak luas, dapat menggunakan obat oles anti jamur dan diolekan pada kulit yang terinfeksi jamur.

By admin